Gambar lapangan futsal
Gambar lapangan futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Diposting pada

Lapangan futsal – Selain permainan sepak bola, Futsal merupakan salah satu cabang olah raga yang banyak digemari oleh masyarakat di Dunia termasuk negara kita tercinta ini (Indonesia). Bagaimana tidak, permainan ini sangat seru dimainkan bersama teman-teman karena permainan sepak bola ini dimainkan oleh dua tim yang masing masing timnya terdiri dari 5 pemain.

Disisi lain, kita dituntut untuk melakukan kerjasama tim dengan baik, tujuannya ialah untuk memasukan bola kedalam gawang yang nantinya akan menjadi poin bagi tim yang berhasil memasukkan bola kedalam gawang milik lawan.

Nah.. Bagi kamu yang suka main Futsal bareng teman-teman di Gor futsal futsal pastikan bahwa kamu memahami dengan baik peraturan permainan bola futsal sebelum kamu bermain.

Disisi lain kamu juga harus mengetahui bentuk, ukuran dan gambaran lapangan futsal secara umum. Meskipun terlihat sama seperti lapangan sepak bola, namun kedua bentuk dari lapangan futsal dan sepak bola memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan coba men-Deskripsikan permainan bola futsal ini terutama dari segi lapangannya. Berikut artikelnya kami rangkum untuk anda.

Deskripsi Permainan Bola Futsal

Futsal adalah permainan bola yang terdiri dari dua regu pemain yang masing-masing regu terdiri dari 5 anggota tim. Tujuan dari permainan ini adalah memasukan bola kedalam gawang milik lawan dengan cara menggiring bola dengan kaki.

Sama halnya seperti cabang olah raga sepak bola, selain terdiri dari 5 orang pemain masing masing regu diperbolehkan untuk memiliki pemain cadangan. Meski memiliki bentuk lapangan yang sama dengan sepak bola, lapangan futsal biasanya dibatasi garis dan lapangannya cenderung didalam ruangan atau Indor.

Jika deskripsikan secara bahasa, Futsal sebetunya terdiri dari 2 kata dalam bahasa Spanyol yakni Futbol dan sala. Futbol artinya Sepak bola, sedang Sala artinya dalam ruangan. Dari pernyataan berikut kita dapat menyimpulkan bahwa Futsal merupakan permainan sepak bola yang dimainkan didalam ruangan.

Mengingat posisi lapangannya berada di dalam ruangan maka bentuk lapangannya pun jauh lebih kecil dari lapangan sepak bola yang sering kita lihat di tv. Dan karena itulah jumlah pemainnya pun hanya terdiri dari 5 orang saja dari masing-masing regu.

Ketentuan Lapangan Bola Futsal

Contoh Gambar dan ukuran lapangan futsal
Contoh Gambar dan ukuran lapangan futsal

Meski sekilas terlihat sama seperti permainan sepak bola, ada beberapa ketentuan yang menjadi kriteria dan pembeda untuk cabang olahraga futsal ini seperti halnya ukuran lapangan, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas lagi, kamu bisa cek di bawah ini.

Ukuran lapangan futsal standar nasional dan Internasional

  1. Panjang Lapangan : Berkisar antara 25-42 meter untuk standar Nasional dan 38-42 untuk standar Internasional.
  2. Lebar lapangan : Memiliki lebar yang berkisar antara 15-25 meter untuk standar Nasional dan 18-25 meter untuk standar Internasional.
  3. Jari jari Lingkaran di bagian tengah : memiliki ukuran  3 meter.
  4. Lebar Garis (Garis Tengah, Garis Samping dan garis gawang): Garis batas antara garis yang melintang dibagian tengah lapangan, garis gawang di titik ujung dan di sisi gawang lebarnya kurang lebih 8 cm.

Ukuran lapangan futsal Mini

Dikutip dari beberapa sumber, ukuran luas panjang dan lebar dari lapangan futsal antara lain sebagai berikut:

  1. Ukuran lapangan : panjang dan lebar lapangan biasanya memiliki diameter 25m x 15m
  2. Bentuk garis pembatas : garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang dibagian tengah.
  3. Bagian tengah lapangan : terdapat garis yang berkukuran 3 m yang membentuk lingkaran dibagian tengah lapangan.
  4. Daerah penalti: terdapat busur yang berukuran 6 m dari bagian kiri dan kanan tiang gawang.
  5. Titik penalti : Memilki jarak 6 meter dari titik tengah garis gawang
  6. Titik penalti kedua : berjarak 10 m dari titik tengah garis gawang
  7. Zona pergantian : daerah 5 m dari garis sisi tengah lapangan tepat dibagian sisi tribun dari pelemparan bola.
  8. Permukaan daerah pelemparan : halus, rata, dan tak abrasif

Ukuran gawang futsal

Berbeda dari ukuran gawang sepak bola, Gawang putsal biasanya berkisar antara tinggi 2 Meter dan lebar 3 Meter. Sedangkan ukuran kedalaman gawang biasanya berdiameter 100 cm dibagian bawah serta 80 cm dibagian atas.

Karakter bola futsal

Jika dibandingkan dengan bola dari permainan sepak bola, ukuran dari bola futsal ini cenderung lebih kecil. Agar lebih jelas lagi kamu lihat kriteria ukuran dan karakter bola untuk Olahraga Futsal.

  1. Ukuran : 4
  2. Keliling lingkaran: 62–64 cm
  3. Berat : 0,4 – 0,44 kg
  4. Lambungan : 55–65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan pembuatan : kulit atau bahan yang cocok lainnya

Alas lapangan bola futsal

Lapangan futsal memiliki alas yang berbeda beda, diantaranya ialah alas dengan bahan Vinyl, Rumput sintetis dan alas Polypropylene. Dari sekian jenis alas yang telah saya jelaskan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya. Untuk lebih jelasnya lagi bisa kamu lihat berikut ini :

  1. Alas Vinyl : Untuk lantai yang satu ini memiliki tiga karakter lapisan berupa compact layer, lapisan glass fiber serta lapisan printing layer. Untuk ketebalannya sendiri cenderung bervareasi, biasanya ketebal dari alas ini berkisar antara 5, 6 hingga 8 mm.
  2. Polypropylene : Lantai lapangan futsal yang bahannya terbuat dari polimer termo-plastik. Bentuk lantainya seperti keramik namun bahannya tidak keras serta juga dapat dipindahkan.
  3. Rumput Sintetis : Sesuai dengan namanya, jenis lantai yang satu ini terbuat dari serat sintetis yang kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rumput alami.

Jumlah pemain futsal

Karena ukuran lapangannya yang lebih kecil dari sepak bola, maka jumlah pemain dari masing-masing regu atau tim cenderung lebih sedikit.

Berikut ini merupakan rincian pemain dalam pertandingan bola Futsal :

  1. Saat pertandingan dimulai masing masing regu terdiri dari 5 orang pemain. “Salah satunya penjaga gawang”
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan ialah 2 pemain “tidak termasuk cedera”
  3. Maskimal jumlah pemain cadangan ialah 7 orang.
  4. Terdiri dari 2 Wasit.
  5. Tidak ada hakim garis.
  6. Batas jumlah pergantian pemain : Tak terbatas
  7. Metode pergantian pemain : “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Disisi lain, pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tidak sedang dimainkan dan harus dengan persetujuan wasit)
  8. Wasit juga tidak boleh menginjak arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan saja, terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran tertentu yang mengharuskan wasit untuk memasuki lapangan.

Demikianlah ulasan mengenai ukuran lapangan dan ketentuan lainnya dalam permainan bola Futsal yang dapat saya bagikan kepad kalian, semoga artikel ini dapat membatumu mengetahui segala hal yang berkaitan dengan bola futsal.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *