SimPKB Terbaru

Cara Login Sim PKB Terbaru di 2020-2021

Diposting pada

Combinesia – Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu sim pkb ? dan seberapa penting untuk guru pengajar ?

Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau yang disingkat SIM PKB merupakan sistem informasi managemen terpadu yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepotensian kepada para guru pembelajar agar mampu meningkatkan potensi dan profesinya menjadi seorang guru.

Dengan begitu, Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini sangat penting bagi para guru.

Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai simpkb ini, berikut kami sajikan rangkuman penjelasannya untuk anda.

Apa itu Sim PKB ?

Dikutip dari situs resmi, SIM PKB adalah sebuah Sistem Informasi Manajemen yang akan dipergunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Sederhananya SIM PKB merupakan sebuah sistem yang dibangun dan dikembangkan agar mendapatkan informasi tertentu guna untuk melakukan pengelolaan data dan juga sebagai pusat pengaturan terhadap layanan untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan.

Dengan kata lain, simpkb ini dibentuk sebagai media atau wadah pembelajaran bagi para guru pengajar guna untuk mendorong potensi para guru menuju suatu perubahan yakni membangun dan mengembangkan profesinya sebagai guru pengajar.

Guru-guru yang melakukan pengembangan melalui program ini akan membawa pembelajarannya kepada suatu arah yang lebih baik lagi sehingga menjadikan siswa-siswanya dapat memahai sebuah materi dengan baik, serta mempunyai pengetahuan yang lebih dan memiliki keterampilan yang lebih baik lagi.

Namun Pengembangan Kepotensian Berkelanjutan ini harus dilakukan oleh guru berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan.

Yang dimaksud dengan kebutuhan disini ialah untuk potensinya dari garis standard kompetensi profesi guru ke tingkat yang lebih lanjut. Jika guru berhasil meraih pencapaiannya, maka Hal tersebut juga sejalan dengan kenaikan pangkat atau jabatan fungsional guru.

 

Seberapa Penting SIM PKB Bagi Guru Pembelajar ?

Jika pertanyaannya “Seberapa penting”, maka jawabannya “Penting banget”. Dengan catatan “jika kamu seorang guru yang ingin meningkatkan potensi dan profesinya ke tahapan yang lebih lagi”.

Namun jika kita merujuk ke penjelasan diatas, Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau yang disingkat SIMPKB ini sangat penting bagi setiap guru.

Dengan berhasilnya seorang guru dalam meningkatkan Potensinya, maka tujuan utamanya pun akan terlaksana yakni mengharapkan siswa yang diajar oleh guru terkait memilki keberhasilan dalam hal menguasai sebuah materi karena adanya pengembangan terhadap profesi sang guru yang mengajarnya.

Disisi lain dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini diharapkan agar siswa dan siswi dapat memperlihatkan apa yang mereka pahami dan mampu untuk melakukan hal tersebut.

Para guru yang sudah mengembangkan potensi dan profesinya tentu akan menimbulkan peningkatan terhadap kualitas pembelajarannya sehingga menjadikan siswa siswinya memiliki keterampilan yang lebih dan mampu menunjukan pemahaman terkait sebuah materi yang diajarkan.

Namun ada kriteria tertentu yang menjadi patokan seorang guru untuk dapat mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini. Lalu yang menjadi pertanyaan disini ialah “siapa saja yang bisa mengikuti perogram SIMPKB ini ?”

Umumnya Ada beberapa poin dan kriteria guru yang dapat mengikuti program Pengembangan keprofesian ini yang diantaranya ialah :

  1. Guru yang memiliki profil hasil UKG yang menunjukkan setidaknya 3 atau 10 kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KKM atau 65.
  2. Jika guru yang bersangkutan belum melakukan UKG atau sudah melakukan UKG namun dengan paket atau mata pelajaran yang tak sesuai, maka si guru tersebut wajib untuk melakukan tes awal sebelum menggunakan sistem ini.
  3. Kriteria lain ialah jika Guru Terkait telah terdaftar di dalam komunitas GTK pada sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian berkelanjutan atau SimPKB ini. Disisi lain, Guru pengajar yang ingin mengikuti program ini juga harus berada dalam wilayah yang tersedia akses jaringan internet khusus yang mengikuti program daring serta daring kombinasi.
  4. Selain itu, mereka (Para Guru) bersedia untuk melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi.

Program ini mewajibkan setiap peserta bisa menyelesaikan setidaknya dua kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun atau dua modul prioritas yang sudah ditentukan oleh penyelenggara dalam kurun satu tahun.

Bagi anda (Guru) yang tertarik untuk meningkatkan profesinya melalui program ini, berikut kami rangkum informasi mengenai cara daftar simdan cara login sim pkb terbaru.

 

Panduan Registrasi SimPKB

Untuk masuk ke SimPKB tentunya kita harus memiliki akun terlebih dahulu dengan cara mendaftar. Oleh karena itu, berikut kami bagikan panduan registrasi SimPKB yang bisa anda jadikan referensi.

Masuk ke form login

Untuk masuk ke form login dan melakukan pendaftaran silahkan login ke https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ lalu klik Registrasi Akun GTK.

Cara daftar SimPKB Terbaru

Isi dan Lengkapi data diri

Untuk melanjutkan pendaftaran, silahkan lengkapi data diri mulai dari Nomor Peserta UKG serta Tanggal lahir anda. Jika sudah silahkan konfirmasi reCHAPTA “Saya Bukan Robot”. Lalu setelah berhasil silahkan klik tombol Registrasi.

Cara daftar SimPKB Terbaru

Konfirmasi registrasi

Lakukan konfirmasi registrasi akun yang anda daftarkan dengan cara Klik tombol “setuju dan cetak”

Cara daftar SimPKB Terbaru

Cetak Dokumen

Selanjutnya silahkan anda cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan yang akan anda gunakan untuk login simpkb dengan cara Klik tombol save atau simpan.

Lihat gambar dibawah ini.

Cara daftar SimPKB Terbaru

Catatan : Terdapat info username dan password akun yang bisa digunakan untuk login.

 

Cara Login Sim PKB Terbaru

Setelah memiliki akun, maka kita bisa masuk melalui SimPKB login kapan saja. Adapun cara Login simpkb antara lain sebagai berikut :

Buka dasboard Simpkb

Langkah pertama untuk login atau masuk Sim PKB silahkan anda buka laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ seperti sebelumnya. Dengan begitu anda akan diarahkan menuju dasboard layanan SimPKB.

SimPKB Login

Kunjingi laman login

Selanjutnya klik tombol masuk dibagian tab option SIMPKB – Admin / Personal. Dengan begitu anda akan diarahkan ke laman login seperti gambar dibawah ini.

Cara Login SimPKB

Isikan surel akun SimPKB anda

Isikan surel dan kata sandi anda sesuai dengan akun yang anda miliki.

Catatan : Surel adalah akun SimPKB, biasanya berupa [email protected] Contohnya : [email protected], atau menggunakan surel alternatif yang telah didaftarkan di SIMPKB.

Login SimPKB Terbaru

Klik Masuk

Jika anda sudah memasukan surel dan password yang sesuai dengan akun yang anda miliki, maka anda sudah berhasil log masuk SimPKB.

cara login Sim PKB Terbaru

Artikel Terkait : Cara cek Info GTK

Solusi Lupa Password SimPKB

Beberapa tahun terakhir bapak dan ibu guru memperoleh selembaran kertas dari dinas yang didalamnya memuat ID dan Passwor akun SimPKB yang digunakan untuk login.

Namun mengingat manusia merupakan mahluk yang tidak luput dari kesalahan, maka kesalahan seperti Lupa Password SimPKB atau kehilangan dokumen tersebut menjadi hal yang lumrah. Bagi anda yang masalah tersebut, berikut kami bagikan informasi mengenai solusi untuk mengatasinya.

Anda bisa mengikuti Tiga langkah mengatasi lupa password Sim PKB dibawah ini :

  1. Silahkan kunjungi laman login Sim PKB seperti biasa, atau bisa klik pada tautan berikut ini Login SimPKB. Jika sudah klik lagi di bagian “Lupa kata sandi” yang berada dibagian kanan bawah.
  2. Dengan begitu akan muncul kolom untuk melakukan reset Password, disini anda hanya perlu memasukan Akun email dan melakukan verifikasi reCaptcha. Jika sudah, kemudian klik kirim untuk menerima notifikasi reset password melalui email yang anda gunakan.
  3. Kemudian masuk ke akun Email dan segera verifikasi langkah reset password tersebut dengan klik tautan yang dikirimkan oleh Guru pembelajar Online. Secara otomatis anda akan dialihkan pada suatu halaman untuk mengganti password.

Demikianlah pembahasan mengenai SimPKB yang dapat kami rangkum dan bagikan kepada kalian semua. Semoga artikel yang kami rangkum bisa dengan mudah dipahami serta menjelaskan sedikit mengenai gambaran Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini.

src : Situs Resmi

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

1 komentar.

  1. SIM PKB banyak banyak memberikan ilmu baru terutama dimasa Pandemi COVID 19..Bimtek Guru Pembelajar dg moda Daring mmeberi manfaat banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.