Sejarah olahraga renang
Contoh Gambar sejarah olahraga renang

Sejarah dan Macam-Macam Gaya Renang

Diposting pada

Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang disukai oleh banyak orang karena memiliki anyak manfaat dan juga termasuk kedalam olahraga cardio yang baik untuk dilakukan.

Secara harfiah Renang adalah olahraga yang menuntut perenangnya untuk berpindah tempat secara teratur dengan bergerak diatas air dan mengandalkan pergerakan kaki dan tangan untuk meluncur secara sempurna.

Olahraga renang sendiri memiliki banyak variasi gaya yang diantaranya ialah gaya punggung, gaya dada, gaya kupu kupu dan masih banyak lagi gaya lainnya. Gaya-gaya tersebut akan saya rangkum penjelasannya dibawah, namun sebelum ke ulasan tersebut, ada baiknya untuk kita mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Untuk itu, berikut kami bagikan informasinya untuk anda.

Sejarah Singkat Olahraga Renang

Secara umum renang sudah dikenal sejak zaman prasejarah dan cenderung digunakan untuk bertahan hidup serta untuk melintasi danau dan sungai karena belum adanya tranfortasi untuk bepergian. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya relif yang terdapat pada dinding-dinding goa peninggalan sejak masa prasejarah.

Namun untuk perlombaanya sendiri dimulai sejak tahun 1800 di eropa dan kala itu hanya sedikit gaya yang dikenal oleh para perenang. Sebagian besar perenang pada masa itu menggunakan gaya dada.

hingga Pada tahun 1873, seseorang yang bernama John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya baru yang dikenal dengan nama trudgen dan digunakan pada lomba-lomba renang setelah meniru renang gaya bebas dari suku Indian yang memercikan air kemana-mana.

Namun karena ketidak sukaanya orang-orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air kemana-mana, maka renang gaya Trudgen ini mengganti gerakan kaki mirip renang gaya bebas ini yang tadinya melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting layaknya renang gaya samping.

Sejarah Olahraga Renang di Indonesia

sejarah renang di Indonesia
Sejarah renang di Indonesia

Sedangkan sejarah Olahraga renang di Indonesia bermula pada zaman kerajaan majapahut, namun renang pada zaman ini masih diperuntukan bagi masyarakan untuk menangkap ikan di danau atau laut, berperang dan melakukan pembajakan kapal milik musuh.

Hal tersebut dibuktikan kebenarannya dengan ditemukan semuah relief yang menggambarkan aktifitas renang yang tertera pada dinding candi. Selain itu beberapa bangunan peninggalan zaman kerajaan di Indonesia juga terdapat kolam yang dipakai untuk berenang seperti halnya Water Castle yang terdapat di daerah yogyakarta.

Dari peninggalan-peninggalan itulah dapat dipastikan bahwa sejarah renang di indonesia bermula pada zaman kerajaan. Namun untuk gaya yang digunakan oleh perenang pada saat itu masih belum diketahui lantaran tidak ada sumber yang dapat menjelaskannya secara terperinci.

Sedangkan untuk Perlombaan cabang olahraga renang di Indonesia untuk pertama kali konon katanya diselenggarakan pada tahun 1948 (setelah kemerdekaan) dan diadakan di kota Surakarta dalam Pekan Olahraga Nasional atau yang disingkat dengan PON, namun Perenang pada masa ini mayoritas mengguanakan teknik renang gaya bebas.

Macam macam Gaya renang

 

Macam macam gaya renang
gambar renang gaya samping

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bawha Olahraga renang memiliki beberapa gaya yang dapat kita pelajari seperti halnya gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan masih banyak lagi.

Untuk itu saya akan membahasnya disini. Namun untuk hal ini saya akan membahasnya dalam beberapa kategori saja yakni :

  1. Renang gaya dada
  2. Renang gaya bebas
  3. Renang gaya punggung
  4. Renang gaya kupu-kupu

Berikut penjelasannya kami rangkum untuk anda.

Renang gaya dada

Renang gaya dada juga dikenal dengan renang gaya katak karena secara teknis gerakan tubuh saat mendorong hampir menyerupai katak yang sedang berenang.

Beberapa sumber menyabutkan bahwa renang gaya dada merupakan gaya renang yang tertua dan sudah dipakai sejak zaman prasejarah.

Secara teknis, gaya renang yang satu ini mengharuskan dada si perenang untuk tetap berada di permukaan dan tangan digunakan untuk mendayung seperti membelah air

Artikel Terkait : Materi renang gaya dada

Renang gaya bebas

Renang gaya bebas merupakan gaya yang tidak menuntut perenangnya untuk melakukan teknik-teknik tertentu dalam aturan perlombaan.

Untuk melakukan renang Gaya bebas ini posisi dada harus menghadap ke permukaan air, kedua tangan digerakkan secara bergantian untuk mengayuh. sementara kaki digerakkan pula namun dengan gerakan naik dan turu.

Artikel terkait : Materi renang gaya bebas

Renang gaya punggung

Renang gaya punggung ini merupakan gaya renang yang paling santai dan membuat nyaman perenangnya dengan catatan “Jika dia sudah ahli”.

Saat kamu berenang dengan menggunakan gaya ini, maka kamu harus memposisikan punggungmu untuk menghadap ke permukaan air dan wajah menghadap di atas air sehingga memudahkanmu untuk mengambil napas.

untuk meluncur dengan menggunakan gaya ini,tangan dan kaki digerakan dengan gerakan yang sama seperti renang gaya bebas namun posisi tubuh dengan keadaan terlentang.

Renang gaya kupu kupu

Menurut saya, gayarenang yang satu ini adalah yang paling aestetik saat dilakukan. Bagaimana tidak, Gerakan kaki pada gaya ini seperti gerakan sirip lumba-lumba yakni digerakkan dengan kaki ke atas dan ke bawah secara bersamaan. Yaa mermaid gitulaahh :v

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar Sejarah renang di Dunia dan materi seputar Macam-macam gaya renang yang paling populer.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *