Renang gaya punggung
Contoh gambar renang gaya pungung

Renang Gaya Punggung

Diposting pada

Renang gaya punggung – Renang merupakan olahraga yang banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki segudang manfaat dan cocok bagi mereka yang ingin membakar kalori dalam tubuhnya karena olahraga ini dapat membantu menggerakkan seluruh bagian tubuh sehingga kaloripun terbakar.

Disisi lain Macam-macam gaya Renang juga terdapat banyak vareasi dan beberapa diantaranya cukup mudah untuk kuasai oleh pemula. Beberapa gaya renang yang paling populer diantaranya meliputi Gaya dada, Gaya bebas, Gaya kupu-kupu dan Gaya punggung.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu gaya renang yang cukup seru dan recommended banget untuk dikuasai. Setelah beberapa pekan terakhir saya membagikan ulasan seputar teknik renang, untuk saat ini saya akan merangkum materi lengkap seputar renang gaya punggung.

Bagi kamu yang tertarik untuk menguasai dan mengetahui informasinya, silahkan simak dibawah ini.

Pengertian dan Deskripti Renang Gaya Punggung

Secara harfiah, Renang gaya punggung adalah teknik berenang dengan punggung menghadap ke permukaan air, sedangkan tubuh bagian depan dan wajah menghadap ke atas.

Untuk membuatnya meluncur dengan sempurna maka dibutuhkan gerakan kaki dan tangan untuk mendorong tubuh dengan cara digerakkan serupa seperti Renang gaya bebas. Namun perbedaan teknik renang gaya punggung dan gaya bebas ialah posisi tubuh yang terlentang diatas permukaan air.

Saat melakukan gaya ini, wajah perenang akan menghadap ke atas sehingga ia hanya bisa melihat ke arah langit saja dan tidak bisa melihat kedepan. Oleh karena itu perenang juga harus memperhitungkan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakannya.

Dengan begitu kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menguasai gaya renang yang satu ini maka kita harus mampu mengapung terlebih dahulu di atas air. Untuk dapat menguasai gaya renang ini kamu harus memahami teknik dasarnya terlebih dahulu.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

teknik renang gaya punggung
Gambar teknik renang gaya punggung

Pada dasarnya teknik renang gaya punggung ini hampir sama seperti Renang gaya bebas, yang membedakan antara keduanya ialah posisi tubuh.

Agar lebih jelas lagi saya akan membaginya menjadi beberapa kategori diantaranya :

  1. Posisi tubuh
  2. Pergerakan kaki
  3. Pergerakan tangan
  4. Teknik pernapasan

Berikut penjelasannya kami rangkum untuk anda.

Posisi tubuh

Sama seperti namanya, renang gaya punggung ini cenderung menghadapkan punggung ke permukaan air dengan posisi terlentang.

Dengan posisi terlentang ini berarti perut wajah dan tubuh bagian atas lainnya akan menghadap ke atas, namun hanya waha saja yang berada di luar permukaan air sehingga memudahkan perenang untuk menghirup udara segar.

Untuk dapat memposisikan tubuh seperti ini maka kita harus dapat mengerti cara mengambang terlebih dahulu. Namun biasanya kita sudah bisa mengambang jika kita sudah menguasai teknik renang gaya bebas, untuk itu teknik ini sebaiknya kamu pelajari setelah menguasai teknik dasar renang gaya bebas atau gaya lainnya.

Pergerakan kaki

Secara teknis, gerakan kaki pada renang gaya punggung ini sama perperti renang gaya bebas, yakni dengan mengerakkan kaki mulai dari pangkal paha hingga jari-jari ke atas dan kebawah secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri seraya relaksasi pada lutut serta pergelangan.

Pergerakan tangan

Pergerakkan tangan juga mirip seperti renang gaya bebas yakni dengan cara gerakan menarik, gerakan mendorong, dan gerakan kembali.

Teknik pernapasan

Mengingat wajah perenang berada di atas dan luar permukaan air, maka perenang tidak akan kesusahan saat mengambil napas saat menggunakan gaya ini untuk berenang.

Namun kamu harus selalu berhati-hati dengan percikan air yang dihawatirkan memasuki hidung atau mulut saat kamu menghirup udara.

Percikan tesebut biasanya diakibatkan oleh orang lain yang berada dalam satu kolam dengan kita, namun bisa juga disebabkan oleh pergerakan tangan kita sendiri. Untuk itu, kamu harus hati-hari dengan percikan air yang ditimbulkan.

Tips Untuk Melakukan Teknik Renang Gaya Punggung

Untuk bisa menguasainya secara sempurna, berikut tips dari kami yang dapat kamu coba aplikasikan saat belajar renang gaya punggung.

  1. Usahakan Posisi punggung selurus mungkin sehingga tubuh bagian depan bisa nyaman saat berada di bagian permukaan air.
  2. Posisi renang gaya punggung yang baik adalah saat tubuh bagian belakangmu berada di bawah permukaan air, jadi posisikanlah bagian tubuh belakangmu supaya ada di bawah dan usahakan serileks mungkin.
  3. Perlu diperhatikan agar Jangan membiarkan pinggul berada terlalu dalam atau terlalu jauh dari permukaan air, hal tersebut berpotensi memperlambat tubuh kamu saat meluncur.
  4. Kepala dan wajar harus berada pada posisi semestinya yakni diatas permukaan air dan hanya wajah yang berada diluar air, Pastikan pula lehermu serileks mungkin.
  5. Jangan sesekali memposisikan kepala terlalu tinggi, hal tersebut akan menimbulkan sakit di sekitaran leher.
  6. Posisi kepala yang ideal saat mengambang ialah ketika telinga letaknya tersejajar dengan permukaan air.
  7. Saat melakukan gerakan tangan, lakukan secara bergantian antara kiri dan kanan. Saat satu tangan bergerak mengangkat, maka tangan satunya harus bergerak dibawah air sembari mendayung.
  8. Saat menggerakkan kaki, maka harus dinaikan dan diturunkan secara bergantian antara kaki kiri dan kanan, serta pastikan pula kaki dalam keadaan rapat.
  9. Hal yang harus diperhatikan saat menggerakan kaki ialah Jangan gerakkan kaki dengan mengerakkan lutut. Saat bergerak gerakkan kaki dengan kekuatan pinggul.
  10. Usahakan pergelangan kaki dalam kondisi serileks mungkin saat bergerak agar tidak terjadi kram dan memperlambat laju peluncuran.
  11. Waktu menahan nafas juga harus diatur dan Jangan menahan napas terlalu lama. Biasanya, teknik pernafasan yang ideal ialah satu kali napas saat satu gerakan tangan selesai dan hindari percikan air.

Demikianlah pembahasan mengenai renang gaya punggung yang dapat saya rangkum dan bagikan kepada kalian semua, semoga materi ini dapat dengan mudah dimengerti tanpa sedikitpun kekliruan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *