Renang gaya dada
Contoh gambar Renang gaya dada

Renang Gaya Dada

Diposting pada

Renanag Gaya Dada – Seperti yang kita ketahui, Renang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bermanfaat bagi tubuh manusai guna untuk membuat tubuh kita semakin sehat dan membantu pertumbuhan remaja agar tumbuh lebih tinggi.

Hal tersebut dikarenakan seluruh anggota bergerak saat melakuka suatu gaya renang supaya tubuh tidak tengelam. Namun mengingat macam-macam gaya renang cukup bervareasi maka kita perlu memilih beberapa gaya untuk dikuasai.

Beberapa gaya tersebut yakni Gaya Dada, Gaya Bebas, Gaya Kupu Kupu, Gaya Punggung, Gaya Anjing, Gaya Samping, dan Trudgen. Nah. pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi penting seputar Renang gaya dada dan teknik dasar yang dapat kamu pelajari.

Untuk itu masri kita simak ulasannya dibawah ini.

Gambaran dan Pengertian Renang Gaya Dada

Renang gaya dada adalah Gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Namun berbeda dengan renang gaya bebas, gaya renang yang satu ini mengharuskan batang tubuh agar selalu dalam keadaan tetap.

Selain itu, kedua kaki didorongkan ke arah luar, sementara kedua belah tangan diluruskan ke depan dan dibukan sembari diayuhkan kesamping secara bersamaan supaya tubuh bisa meluncur dengan semestinya. Sedangkan untuk pernapasannya dilakukan saat kepala dinaikan ke atas setelah kaki dan tangan selesai digerakkan.

Secara harfiah, gerakan tubuh dari renang gaya dada ini menyerupai gaya katak yang sedang berenang. Maka dari pernyataan berikut kita bisa menyimpulan bahwa, Renang gaya dada disebut juga dengan renang gaya katak.

Kurang lebih begitulah gambaran dari renang gaya dada yang kami kutip dari beberapa sumber serta dengan sepemahaman kami. Namun dengan penjelasan berikut mungkin kalian belum begitu memahami konsep dan materi renang gaya bebas ini secara teoritis, maka dari ini, kamu bisa membaca panduan terkait Teknik dasar renang gaya dada dibawah ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Untuk menguasai renang gaya dada ini ada beberapa teknik dasar yang mesti dipahami dan dikuasi, dalam hal ini saya akan membaginya menjadi beberapa kategori yakni :

  1. Posisi dalam air
  2. Latihan gerakan kaki
  3. Latihan gerakan tangan
  4. Teknik pernapasan
  5. Ko-Ordinasikan semua gerakan

Untuk memahami rangkaian diatas, berikut kami rangkum penjelasannya utuk anda.

Posisi dalam air

Sebelum kita melakukan tahapan yang lebih lanjut dari teknik dasar renang gaya dada, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita hendak melakukan latikan ialah posisi saat kita berada dalam air.

Posisi dalam air juga merupakan teknik awalan yang harus dipahami dan dilakukan secara sistematis guna untuk mengadaptasikan tubuh dengan air serta kedalaman kolam.

Pada tahapan ini kamu juga bisa melakukan latihan meluncur, adapun langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

  1. Kepala harus sejajar dengan seluruh tubuh dan berdiri tegak disamping kolam
  2. Usahakan semua bagian tubuh berada dalam satu garis horizontal lurus antara Bahu, paha, dan kaki
  3. Jaga posisi paha agar tidak terlalu turun dalam air
  4. Upayakan Bahu dan leher serileks mungkin agar tidak terjadi kram

Untuk latihan meluncur kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Posisikan Badan untuk berdiri tegak dan menempel di pinggir kolam renang.
  2. Lalu tempelkan satu kaki Anda pada bagian samping dinding kolam sedangkan yang satunya lagi menempel pada lantai atau dasar kolam.
  3. Selanjutnya anda harus memposisikan tubuh anda selurus mungkin dan posisikan kedua tangan lurus kearah depan seraya menghimpit kepala dan usahakan lurus dengan daun telinga.
  4. Untuk menghasilkan luncuran yang cukup jauh, maka kamu harus mendorong tubuh dengan menggunakan kaki yang tadi menempel pada tembok kolam tadi. Setelah meluncur posisi kaki, tangan dan tubuh harus lurus sejajar permukaan Air dan jangan lupa untuk menjaga keseimbangan tubuh kamu.

Dengan demikian tubuh kalian bisa meluncur cukup jauh. untuk tetap bisa melaju dan mengambang di air, maka ada perlu menggabungkan beberapa trik diantaranya Pergerakan kaki, pergerakan tangan dan teknik pernapasan.

Untuk teknik pergerakan kai, tangan dan teknik pernapasan bisa kamu lihat dibawah ini.

Latihan pergerakan kaki

Teknik dasar renang gaya dada
Contoh gambar teknik dasar renang gaya dada

Setelah kamu memahami dan menguasai teknik awalan diatas, maka tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah melatih pergerakan kaki. Untuk melakukan latihan pergerakan kaki, kamu harus menerapkan beberapa hal dibawah ini :

  1. Langkah Pertama yang harus dilakukan setelah anda meluncur di air posisi badan harus terlungkup dan sejajar dengan air kolam.
  2. Selanjutnya tarik kaki secara bersamaan ke arah samping.
  3. Posisikan lutut kamu agar lebih lebar dari paha dan didorong ke belakang hingga kedua kaki lurus kembali.
  4. Lakukan lecutan saat kaki akan melakukan gerakan menutup atau kembali ke posisi lurus.
  5. Saat kedua kaki lurus, telapak kaki tetap aktif digerakan.

Lakukan gerakan-gerakan tersebut serileks mungkin agar gerakannya benar dan lakukan secara berulang sampai kamu benar-benar menguasainya. Jika kurang paham, kamu bisa lihat gambar diatas sebagai referensi

Latihan gerakan tangan

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk dikuasai dalam teknik dasar reng gaya kodok ini ialah pergerakan tangan. Meski doeongan dihasilkan dari pergerakan kaki, kita juga bisa memanfaatkan tangan sebagai dorongan supaya luncuran yang dihasilkan juga cukup cepat.

Untuk bisa menguasai pergerakan tangan dalam gaya renang yang satu ini maka ada beberapa langkah yang harus kamu latih. berikut langkah-langkahnya :

  1. Setelah tubuh kamu meluncur maka kamu hanya perlu meluruskan kedua tangan dan kepala sejajar dengan permukaan air.
  2. Selanjutnya gerakkan tangan menyamping hingga ke belakang seperti akan menyentuh dada bagian atas.
  3. Pada tahapan ini Anda juga harus secara bersamaan mendayung air dengan kedua telapak tangan.
  4. Sebetulnya tidak perlu menggerakkan tangan terlalu lebar karena dorongan didapat dari gerakan kaki.

Teknik pernapasan

Tahapan ini merupakan hal yang sangat fital dan harus dikuasai dengan benar. Jika kita tidak menguasainya dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan teknik pernapasan renang gaya dilakukan dengan cara :

  1. Pertama Angkat kedua bahu sehingga dapat mengangkat kepala dan wajah setelah wajah terangkat maka kamu dapat menghirup udara.
  2. Lakukan pergerakan tersebut serileks mungkin dan Biarkan kepala naik ke permukaan sealami mungkin guna untuk menghindari nyeri pada punggung.
  3. Tarik napas dari mulut agar mendapatkan oksigen yang banyak dan buang dari hidung saat wajah masuk ke dalam air atau lakukan pernapasan senyaman mungkin.

Ko-Ordinasikan semua gerakan

Nah. Untuk menadatkan luncuran yang cepat dan sempurna maka kamu perlu melakukan Koordinasi antara semua gerakan yang telah saya rangkum diatas.

Dengan kata lain, kamu hanya perlu menggabungkan semua gerakan saat tubuh kamu meluncur yakni pergerakan tangan, pergerakan kaki dan teknik pernapasan renang gaya bebas, ketiga teknik tersebut dilakukan setelah kamu meluncurkan tubuhmu.

Perlu diketahui bahwa untuk menguasai sebuat teknik mungkin diperlukan proses yang cukup panjang, namun semua itu tergantung dari usaha yang kita lakukan.

Manfaat Renang Gaya Dada

Sama halnya seperti Olahraga renang pada umumnya, Renang gaya dada juga memiliki manfaat untuk tubuh kita saat kita mengaplikasikannya di Kolam. Itulah kenapa teknik renang gaya dada ini banyak digunakan oleh masyarakat dan cukup poluer diDunia.

Memang Apa manfaat renang gaya dada bagi tubuh kita ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami rangkum penjelasannya untuk anda.

Dapat membakar kalori

Selain maraton dan lari disiang bolong, renang gaya dada ini cukup baik dilakukan saat kamu butuh olahraga yang bisa membakar kalori. Salah satu manfaat renang gaya dada adalah membakar 200 kalori selama 30 menit berenang. jadi jangan ragu memilih olahraga renang ya..

Olahraga Cardio yang sangat baik

Selain dapat membatu membantu memperkuat jantung dan paru-paru, olahraga renang juga bisa sebagai olahraga Cardio/kardio. Pada dasarnya gerakan renang gaya dada bisa membentuk otot di bagian paha, paha belakang, punggung atas, kaki bagian bawah, triceps, dan tentunya otot dada.

Baik untuk pemula

Renang gaya dada juga baik dipelajari oleh pemula karena mereka bisa melakukan gaya ini dengan tetap berada di permukaan air. Disisi lain, gaya dada dapat dipelajari bagi siapapun untuk bisa menguasainya dengan tenang dan tidak terburu-buru. Dengan begitu, perenang pemula bisa tahu posisi mereka di air dan tidak rentan panik saat berada di air.

Demikianlah materi tentang renang gaya dada yang dapat Kami rangkum dan bagikan kepada kalian, semoga panduan dan penjelasan berikut dapat dipahami dengan mudah oleh kalian semua.

Lihat juga : Materi renang gaya bebas

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *