Contoh Gambaran renang gaya bebas
Contoh Gambaran renang gaya bebas

Renang Gaya Bebas

Diposting pada

Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya yang kerap digunakan oleh semua orang saat berenang di kolam dengan kedalaman yang bervareasi.

Hal tersebut dikarenakan gaya dan tekniknya yang mudah untuk dipelajari, bisa dibilang bahwa gaya renang yang satu ini merupakan yang paling sederhana dan mudah dari gaya renang lainnya. Meski begitu, masih banyak juga orang-orang yang belum menguasai teknik gaya renang yang satu ini. Nah.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi penting mengenai Renang gaya bebas mulai dari pengertian gaya renang Deskripsi dan Teknik dasar yang akan saya jelaskan dalam pembawaan yang sederhana.

Pengertian dan Deskripsi Renang Gaya Bebas

Secara Harfiah Renang gaya bebas adalah gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air disertai tangan yang secara bergantian mengayuh ke depan dan kaki dicambukan secara bergantian pula kearah atas dan bawah. Selain itu, wajah juga dihadapan ke arah permukaan air dan mempermudah saat pernapasan.

Untuk pengambilan nafasnya dilakukan setelah salah satu tangan selesai mengayuh sehingga lengan keluar dari air dan badan menghadap ke arah samping, saat itu juga wajah kisa akan menghadap ke samping dan keluar dari permukaan air. Saat itulah pernapasan dilakukan dengan menggunakan mulut untuk menghirup udara.

Ada dua pilihan saat melakukan pernapasan, perenang bebas untuk mengambil nafas ke arah yang ia inginkan. Entah itu ke arah kiri maupun ke arah kanan.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya bahwa gaya berenang yang satu ini merupakan gaya yang kerap dipakai oleh perenang maupun orang awam sekalipun. Hal tersebut bukan tanpa alasan, jika dibandingkan dengan gaya renang pada umumnya Renang gaya bebas ini dapat mendorong perenangnya lebih cepat.

Dengan begitu, bagi kamu yang belum bisa berenang dan tertarik untuk menguasai gaya renang yang satu ini maka saya akan menjelaskan teknik dasar dari gaya renag ini dengan penjelasan yang sederhana guna mudah untuk dipahami. Dengan  penjelasan berikut diharapkan kalian dapat memahami secara teritis maupun teknis untuk melakukannya.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Menurut saya, Berenang dengan gaya bebas seperti ini merupakan gaya yang paling mudah untuk dipelajari. Untuk dapat menguasainya ada nenerapa hal yang perlu diperhatikan.

Dalam hal ini saya akan menguraikannya dalam beberapa tahap yakni :

  1. Dimulai dengan posisi tubuh
  2. Teknik meluncur
  3. Pergerakan tangan
  4. Pergerakan kaki
  5. Teknik pernapasan.
  6. Koordinasi antara lengan, kaki dan pernapasan.

Beberapa tahapan berikut akan saya coba jelaskan dibawah ini. Perhatikan dengan seksama agar mudah untuk dipahami ya :).

Posisi tubuh

Meski namanya Renang gaya bebas, bukan berarti kamu melakukan semuanya semaunya sendiri, ada beberapa hal yang musti diperhatikan termasuk posisi tubuh.

Intinya kamu harus memposisikan diri mulai dari kepala dan kami yang sejajar dan lurus. Hal tersebut merupakan awalan ketika kamu hendak memasuki kolam.

Teknik meluncur

Teknik meluncur - renang gaya bebas
Contoh teknik meluncur – renang gaya bebas

Sama seperti gaya berenang pada umumnya, Renang gaya bebas juga terdapat teknik meluncur yang perlu kita ketahui dan pahami secara seksama.

Dengan melakukan trik peluncuran dengan baik dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperi cedera kaki, kram dan lain sebagainya. Untuk itu, kamu bisa melakukan teknik peluncuran sebagai berikut.

  1. Dimulai dengan cara berdiri disisi kolam dimana satu kaki menyentuk dinding kolam dan yang satunya lagi menyentuh dasar kolam.
  2. Lalu bungkukkan tubuh ke depan sembari meluruskan tangan kedepan dan pastikan bahwa posisi tubuh dan tangannya sejajar dengan permukaan air.
  3. Dorong dengan menggunakan kaki yang menempel ke tembok kolam dengan sekuat-kuatnya, pastikan pula tubuh, tangan dan kaki kami tetap lurus dan seimbang (Sejajar dengan air).
  4. Selama dalam kondisi meluncur, jangan lupa untuk mengambil napas dan usahakan melakukannya dengan benar.
  5. langkah langkah yang telahs aya jelaskan tadi dapat kamu lakukan secara berulang hingga akhirnya kecepatan, dan keseimbangannya stabil serta sudah meluncur lumayan jauh ke depan.

Jika kamu bingung dan belum begitu paham dengan pergerakan kaki dan tanga, kamu bisa memahaminya dengan rangkuman berikut.

Latihan pergerakan tangan

Supaya Berenang dengan gaya bebas ini dapat dukuasai dengan sempurna terdapat dua jenis latihan pergerakan tangan agar dapat mendorong tubuh saat diatas air.

Kedua jenis atau tahapan berikut yakni Latihan ditempat dan kestabilan meluncur. Agar lebih jelas lagi berikut tatacara dan penjelasannya.

Latihan pergerakan tangan ditempat :

  1. Hampir saya seperti melakukan teknik peluncuran, untuk melakukan latihan pergerakan tangan diawali dengan posisi berdiri dan mengbongkokan tubuh sembari meluruskan kedua tangan ke depan.
  2. Setelah itu, tariklah ke bawah tangan kanan Anda seraya menekan air hingga akhirnya ada di bawah tubuh.
  3. Ketika tangan sudah ada atau sampai di bawah tubuh, secara cepat bengkokkan atau tekuk siku dan angkat tangan sambil mengambil nafat (untuk yang satu ini bisa kamu lihat gambar paling atas sebagai referensi).
  4. Lakukan langkah tersebut secara berkala dan bergantian antara lenan kiri dan kanan (Untuk pengambilan nafas lakukan disatu sisi saja, pilih antara kiri atau kanan).

Kestabilan saat meluncur :

  1. Saat melakukan kestabilan saat meluncur dilakukan saat kamu mengayunkan tangan kedepan dan mulailah melakukan gerakan mendayung.
  2. Saat kamu mulai mendayung, miringkan sedikit badan kearah dimana tangan kamu selesai mendayung dan diangatkan ke atas.
  3. Masukkan tangan yang satunya ke dalam air sambil mendayung supaya laju tubuh tetap meluncur dan seimbang ketika melakukan latihan ini agar tetap lurus ke depan.

Pergerakan kaki

Selain pergerakan tangan, kamu juga harus melatih pergerakan kaki agar tetap stabil. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara yang paling penting dalam teknik dasar renang gaya bebas.

Untuk langkah langkahnya bisa kamu simak dibawah ini :

  1. Lakukan latihan gerakan kaki secara bersamaan dengan waktu latihan meluncur.
  2. Atau bisa juga Anda lakukan dengan mengambil posisi berdiri menghadap dinding kolam sambil kedua tangan berpegangan ke dinding kolam.
  3. Luruskan kedua kaki ke belakang dengan posisi tubuh menelungkup.
  4. Gerakkan kaki ke atas dan bawah bergantian dan pastikan kedua kaki harus berada dalam kondisi yang rileks atau lemas. Karena jika terlalu tegang atau kaku, hasil gerakan tentu tak akan menjadi baik.
  5. Pada saat melakukan gerakan kaki, pastikan memulai dari pangkal paha.

Teknik pernapasan.

Yang  terakhir dan paling penting dilakukan ialah teknik pernapasan. Dengan melatih dan menguasai teknik pernapasan tentunya sangat membatu kamu saat berenang agar tidak kehabisa udara. Kamu bisa melatinya dengan cara berikut :

  1. Miringkan kepala sampai mulut berada di atas permukaan air, lalu inilah kesempatan bagi Anda untuk mengambil napas.
  2. Muka setelah itu harus kembali menghadap masuk ke dalam air dan barulah napas dihembuskan.
  3. Saat pengambilan napas, perenang gaya bebas hanya diperbolehkan memiringkan kepala pada satu arah saja. Jika ingin ke kiri yang kiri saja dan kalau ke kanan, kanan saja.
  4. Pastikan gerakan saat mengambil napas Anda lakukan di saat yang sama ketika tangan bekerja mendayung.

Koordinasikan semua gerakan

Teknik dasar renang gaya beba
Gambar teknik dasar renang gaya beba

Nah. Setelah semua langkah-langkah diatas telah kamu kuasai, atau minimal sudah terbiasa maka kamu hanya perlu mengkoordinasikan atara ketiganya, yakni antara gerakan tanga, gerakan kaku, posisi tubuh dan Pernapasan.

  1. Ambil posisi awal yang benar untuk meluncur.
  2. Lakukanlah gerakan kaki dengan secara bergantian dipukulkan naik-turun.
  3. Lengan juga perlu digerakkan dengan melemparnya ke arah depan dan dilakukan secara bergantian.
  4. Saat lengan bekerja mendayung, miringkan kepala ke satu arah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan agar dapat mengambil napas. Lalu muka bisa kembali menghadap ke bawah atau ke dalam air untuk bisa mengembuskan napas yang baru saja diambil.

Demikianlah deskripsi lengkap mengenai Renang gaya bebas yang dapat daya rangkum dan bagikan ekapa kalian semua. Semoga panduan yang telah saya berikan terkait teknik renang gaya bebas dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *