Rambu Lalu Lintas
Gambar rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas : Gambar, Macam Tanda dan Artinya

Diposting pada

Rambu Lalu Lintas Adalah salah satu dari perlengkapan jalan raya yang dapat berupa lambang, angka, huruf, kalimat atau perpaduan lambang tertentu yang berfungsi sebagai peringatan atau petunjuk bagi pengguna jalan.

Rambu lalu lintas diatur berdasarkan peraturan yang telah dibuat oleh mentri perhubungan Nomor 13 pada tahun 2014.

Agar rambu dapat dilihat oleh pengguna jalan, baik itu pengendara motor atau pengendara mobil, bahkan dimalam atau siang hari, maka bahannya harus dibuat dengan material khusus.

Namun tahukan kamu ada berapa macam rambu lalu lintas ?

Pengelompokan Rambu-Rambu Lalu Lintas

Pada dasarnya, rambu lalu lintas terbagi kedalam beberapa bacam menurut cara pemasangan dan perlengkapannya. Untuk memahami macam-macamnya, berikut kami uraikan dibawah ini.

Menurut cara pemasangannya

Rambu lalu lintas jika dilihat dari cara pemasangan dan difat atau arti yang disampaikan kepada pengguna jalan, maka secara garis besar sistem pada rambu-rambu lalu lintas terbagi kealam beberapa kelompok yakni

  1. Rambu tetap : Rambu tetap adalah kelompok bagi semua rambu lalu lintas yang telah ditetapkan menurut suara keputusan yang diperoleh Mentri Perhubungan yang dipasang secara tetap.
  2. Rambu Sementara : Rambu Sementara merupakan rambu yang dipasang dan hanya berlaku untuk beberapa saat saja hingga waktu yang ditentukan. Selain itu, karena rambu ini bersifat sementara maka rambu lalu lintas ini dapat dipindahkan sewaktu waktu.

Menurut Perlengkapan rambu

Sedangkan kelompok Rambu lalu lintas menurut Perlengkapannya maka terbagi kedalam 2 kelompok yakni :

  1. Rambu konvensional : Rambu Konvensional merupakan Sekelompok rambu-rambu lalu lintas yang dapat memantulkan cahaya atau Retro-reflektif.
  2. Rambu elektronik : Sedangkan rambu elektronik merupakan sekelompok rambu jalan berupa lambang atau informasi tertentu yang dapat diatur secara elektronik.

6 Jenis Rambu Lalu Lintas dan artinya

Bagi kamu yang belum memahami arti dibalik lambang-lambang Rambu lalu lintas yang sering dipasang dipinggir-pinggir jalan. kamu dapat melihat bentuk lambang dan arti pada rambu lalu lintas dibawah ini :

Lihat Juga : 7 Warna pelangi dan proses pembentukannya

Dalam hal ini saya akan mendeskripsikan lambang rambu-rambu lalu lintas kedalam kedalam 6 jenis yang diantaranya ialah :

  1. Rambu peringatan
  2. Rambu larangan
  3. Rambu perintah
  4. Rambu petunjuk
  5. Papan Rambu lainnya
  6. Rambu nomor untuk rute jalan

Berikut Gambar untuk lambang rambu-rambu lalu lintas dan penjelasannya kami rangkum untuk anda.

Rambu peringatan

Sesuai dengan namanya, Rambu peringatan memiliki arti sebagai permberi peringatan kepada pengguna jalan bahwa ada kemungkinan bahaya di depan.

Rambu-rambu ini biasanya berbentuk belah ketupat dan memiliki warna kuning sebagai latar belakang serta warna hitam untuk lambang atau tulisan.

Salah satu peringatan yang ditunjukan oleh rambu-rambu jenis ini ialah Jalan rawan longsor, turunan curam, Pengaran tikungan dan lain sebagainya.Untuk menghafal lambang dan arti dari rambu-rambu peringatan bisa kamu lihat pada gambar yang tertera dibawah ini

Contoh Gambar rambu lalu lintas Peringatan
Contoh Gambar rambu lalu lintas Peringatan

Gambar rabu lalu lintas peringatan

Rambu peringatan

Rambu lalu lintas peringatan

Contoh Rambu lalu lintasPeringatan

Rambu larangan

Rambu larangan pada umumnya memiliki warna merah untuk logo dan warna putih untuk logo serta terdapat warna hitam pada lambang tertentu.

Sesuai dengan namanya, Rambu-rambu lalu litas ini memiliki tujuan sebagai larangan terhadap suatu hal pada pengguna jalan seperti larangan parkir, dan larangan lainnya.

Untuk mengetahui lambang rambu lalu lintas dan artinya dapat kamu lihat pada gambar beriktu ini :

Contoh gambar Rambu larangan
Contoh gambar Rambu larangan

Rambu perintah

Rambu lalulintas Perintah dibuat dengan tujuan sebagai perintah untuk pengguna jalan dan para pengguna jalan wajib untuk mematuhi perintah tersebut agar jalannya arus bisa lancar dan stabil.

Contoh rambu lalu lintas Perintah biasanya memiliki bentuk yang bulat berwarna biru serta terdapat lambang tertentu yang berwarna putih. Salah satu rambu perintah yang seing kita jumpai dijalanan ialah Wajib berbelok, Wajib berputar, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mempelajari rambu-rambu lalu lintas pada gambar yang kami cantumkan dibawah ini.

Gambar Rambu lalu lintas perintah
Contoh Gambar Rambu lalu lintas perintah

Rambu lalu lintas Perintah

Rambu petunjuk

Rambu lalu lintas yang satu ini sangat penting untuk diketahui bagi pengguna jalan lantaran Rambu Petunjuk memiliki tujuan sebagai informasi petunjuk arah jalan dari kota A ke kota B.

Biasanya rambu ini didesain dengan bentuk persegi panjang berwarna hijau atau biru sebagai latar belakang dan terdapat lambang dan tulisan berwarna putih.

Selain itu, rambu lalu lintas Petunjuk dapat dilihat pada siang ataupun malam hari karena terbuat dari material khusus yang dapat memantulkan cahaya sehigga akan terlihat jelas jika diterangi oleh lampu kendaraan. Berikut contoh Gambar dan arti rambu petunjuk yang dapat kamu jadikan referensi untuk dipelajari.

Rambu lalu lintas petunjuk
Gambar Rambu lalu Lintas

Rambu lalu litas papan tambahan

Papan lalu lintas tambahan biasanya memuat berbagai informasi tambahan tentang jarak, dan informasi lainnya. Umumnya papan tambahan ini memiliki bantuk persegi panjang dengan tulisan yang dibingkai oleh bentuk tertentu.

Rambu lalu lintas papan tambahan
Contoh Gambar Rambu lalu lintas papan tambahan

Rambu lalu lintas nomor rute

Jenis rambu lalu lintas yang terakhir ialah Rambu lalu lintas nomor rute.

Rambu jenis ini biasanya berisi petujuk berupa nomor rute dari angkutan umum. Dengan adanya rute nomor ini maka calon penumpang tidak akan kebingungan saat menaiki transportasi berupa angkutan umum tersebut.

Dibawah ini merupakan contoh gambar rambu lalu lintas Nomor rute :

Rambu lalu lintas nomor rute
Contoh rambu untuk penomoran rute jalan

Demikianlah materi mengenai macam-macam rambu lalu lintas beserta penjelasannya yang dapat kami rangkum dan bagikan kepada kalina semua. Semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dengan mudah.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.