Permainan sepak bola
Gambaran permainan sepak bola

Sepak Bola : Teknik Dasar, Peraturan, Gambaran

Diposting pada

Permainan sepak bola merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang dapat dimainkan oleh dua regu dan masing-masing regu terdiri dari 11 pemain.

Dengan begitu, jenis olahraga yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, terlebih lagi permainan sepak bola dapat dimainkan bersama teman-teman kita, tentunya dapat menambah keseruannya.

Namun bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana peraturan permainan sepak bola dan tekni-teknik dasar yang dipakai dalam cabang olahraga ini, ada baiknya untuk kalian mengenal dan memahaminya terlebih dahulu.

Berikut kami telah menyiapkan artikelnya dibawah ini.

Deskripsi Permainan Sepak Bola

Gambar lapangan sepak bola
Gambar lapangan sepak bola

Sepak bola adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim atau regu dengan masing masing tim atau regu tersebut beranggotakan 11 orang pemain.

Tujuan dari permainan ini ialah mencetak gol sebanyak-banyaknya kedalam gawang lawan dengan menggiring bola kulit berukuran 27-28inci dengan kaki dan tidak diperbolahkan menyentuhnya menggunakan tangan kecuali penjaga gawang atau Kiper.

Permainan sepak bola bukan hanya terkenal di Indonesia saja, olahraga ini sangat terkenal didunia dan dimainkan di 200 negara.

Sedangkan untuk lapangan yang digunakan biasanya menggunakan ukuran panjang X Lebar dengan diameter lebar lapangan 50-100 yard dan panjang kurang lebih 100-300 yard.

Untuk lebih jelas mengenai lapangan yang digunakan dapat kamu simak dalam berjelasan kami sebelumnya terkait Ukuran lapangan sepak bola. Selain itu kamu bisa lanjut membaca materi ini untuk memahami teknik dasar dan peraturan dalam permainan sepak bola.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola
Contoh teknik dasar sepak bola

Sama halnya seperti cabang Olahraga lainnya, Olahraga juga terdapat teknik dasar yang harus dipahami dan wajib dikuasai bagi setiap pemain. Dalah permainan sepak bola setidaknya terdiri 11 teknik dasar yang mesti dikuasai oleh para pemain, Tapi dalam hal ini saya akan menjelaskan 9 Teknik saja yang diantaranya sebagai berikut :

  1. Passing (Mengoper bola) : teknik mengoper bola dengan cara mengumpan agar tidak mudah direbut oleh pemain dari regu lawan.
  2. Shooting (Menendang bola) : teknik menendang bola sekeras mungkin dan menembaknya ke gawang agar bola masuk dan menambah poin.
  3. Dribbling (Menggiring bola) : teknik menggiring bola sembari mengecoh lawan agar bola semakin dekat dengan gawang.
  4. Controlling (Mengontrol bola) : teknik untuk menahan laju bola sehingga mudah dikuasai.
  5. Heading (Menyundul bola) : teknik menerima umpan yang melayang diatas dengan cara menyundulnya menggunakan kepala.
  6. Throw In (Lemparan ke dalam) : teknik yang dilakukan setelah bola keluar dari samping lapangan.
  7. GoalKeeping (Menangkap Bola) : teknik yang wajib dimiliki oleh semua penjaga gawang dalam sepak bola.
  8. Intercepting (Teknik Merebut Bola) : teknik yang di butuhkan oleh pemain bertahan.
  9. Teknik Juggling Bola : teknik yang bisa menjelaskan skillmu

Berikut Penjelasannya kami rangkum untuk anda.

Passing (Mengoper bola)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa sepak bola merupakan cabang olahraga ber-Regu dengan terdiri dari 11 pemain dari setiap regunya. Dengan begitu, Seorang pemain tidak akan bisa mencetak gol sendirian tanpa rekan satu timnya.

Agar kita bisa mendekati gawang lawan dan mencetak gol, maka kita membutuhkan teknik yang bisa menunjang pergerakan kita. Salah satu teknik yang sangat berguna dalam hal tersebut ialah Passing atau bahasa sederhananya (Mengoper Bola).

namun dalam melakukan Passing atau teknik mengoper bola juga tidak boleh dilakukan asal-asalan, jika demikian maka tujuan ditembakannya bola akan salah arah sehingga dapat mudah diambil oleh lawan.

Sebut saja Andreas Iniesta, Andrea Pirlo dan pemain lainnya yang bisa melakukan Passing bola denan baik sehingga memudahkan rekannya dalam menerima bola.

Adaa beberapa Sub-teknik dalam yeknik mengoper bola yang dapat kamu pahami dan pelajari. Teknik-teknik tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Mengoper bola dengan kaki bagian luar
  2. Mengoper bola dengan tumit
  3. Mengoper bola dengan kaki bagian dalam
  4. Mengoper bola dengan ujung jari kaki
  5. Mengoper bola dengan kura-kura atau punggung kaki

Shooting (Menendang bola)

Selain teknik passing yang dapat menunjang pergerakan pemain dalam menggiring bola, ada satu teknik lainnya yang sangat dibutuhkan guna untuk menendang bola ke gawang lawan untuk memperoleh poin yang dikenal dengan nama Shooting atau menembah bola ke gawang lawan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Tendangan yang keras dapat mencetak gol sebanyak banyaknya, namun tendangan keras yang mengarah lagsung ke gawang sangat sulit dilakukan. Jika tidak bisa menguasai teknik Shooting ini maka bola yang ditembakkan ke gawang cenderung tidak tepat sasaran.

Ada beberapa cara dalam Teknik Shooting yang tentunya harus kamu ketahui dan dipahami serta dikuasai agar kamu bisa melakukan kerja sama tim dengan baik.

Berikut ini cara-cara dalam melakukan Teknik Shooting atau menemdang bola.

  1. Menendang bola dengan kaki bagian luar
  2. Menendang bola dengan punggung kaki
  3. Menendang bola dengan kaki bagian dalam

Mau bagaimanapun cara menendangnya akan lebih baik jika dilakukan sekeras-kerasnya. Semakin kuat kakimu doronganbola, maka semakin kencang pula tembakan yang dihasilkan.

Dribbling (Menggiring bola)

Ketika kita duel sat lawan satu dengan lawan terkadang akan merasa kesulitan jika tidak bisa menggocek atau mengecoh pergerakan lawan. Untuk itu dibutuhkan teknik dribbling yang secara teknis dapat mengocek lawan serta melewati lawan satu persatu dengan mudah.

Jika kamu ingin menjadi pemain sepak bola yang hebat, Teknik yang satu ini wajib banget kamu kuasai. Dengan menguasai teknik dribbling ini kamu dapat mengecoh lawan sehingga pemain lawan akan kewalahan saat berhadapan denganmu.

Jika kita telaah lebih jauh lagi mengena tenik dasar sepak bola yang satu ini, kita akan mengetahui bahwa Teknik dribbing ini terbagi menjadi dua berdasarkan situasinya. yaitu :

  1. Closed Dribbling.
  2. Speed Dribing.

Berikut penjelasannya :

Closed Dribbling

Teknik ini bertujuan untuk mengontrol bola secara penuh ketika kita sedang berhadapan dengan lawan sehingga bola tersebut tidak aman. Saat menggunakan teknik ini, bola tidak akan jauh dari dari hadapan kita dan jaraknya kurang lebih sekitar 1 meter dihadapan kita.

Speed Dribing.

Teknik in dilakukan dengan cara menendang bola ke arah depan lalu kita mengejarnya secara cepat dengan cara berlari. cara ini bisa dilakukan jika kita benar-benar bebas dari hadangan lawan.

Controlling (Mengontrol bola)

Meski teknik Dribbing sangat perlu untuk kita kuasai, namun teknik yang satu in juga tak kalah pentingnya dalam permainan sepak bola. Seperti teknik dasar lainnya dalam cabang olehraga sepak bola, teknik yang satu ini juga membutuhkan latihan ekstra untuk menguasainya secara sempurna.

Tujuan dari teknik ini ialah untuk menghentikan bola yang dioper kepada kita. Jika kita tidak menguasa teknik ini maka bola akan salah mendarat sehingga lawan akan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Selain itu, terdapat beberapa pemain yang pernah cedera karena salah mendarat saat menghentikan bola seperti yang dialami oleh Bayern Munchen Kingsley Coman.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan Contrilling yang diantaranya ialah :

  1. Mengontrol bola dengan paha
  2. Mengontrol bola dengan dada
  3. Mengontrol bola dengan telapak kaki
  4. Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
  5. Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam

Heading (Menyundul bola)

Teknik Selanjutnya ialah Heading atau yang juga dikenal dengan sebutan Menyundul bola.

Menyundul bola dapat dilakukan dalam sebuah pertandingan dan bisa digunakan untuk mematahkan pergerakan lawan bahkan bisa mencetak gol saat teman satu tim mengumpan ke arah atas.

Sundulan yang baik dan tepat dilakukan dengan menggunakan kepala bagian depan dan cenderung menggunakan kening. Dengan cara tersebut makaa tembakan yang dihasilkan akan lebih ter-Arah serta bervolume.

Throw In (Lemparan ke dalam)

Trow In atau Lemparan ke dalam dilakukan jika bola keluar dari garis samping lapangan. Meski terlihat mudah Teknik ini juga harus dilakukan secara baik dengan tidak asal-asalan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan lemparan ke dalam atau Trow in :

  1. Lengkungkan punggung agar mendapat kekuatan pada saat melempar
  2. Awali dari belakang kepala kemudian dorong bola kedepan
  3. Lepaskan bola pada saat bola berada diatas kepala
  4. Gunakan kedua tangan kamu, dan arahkan badan menghadap ke dalam lapangan
  5. Kaki tidak boleh melewati garis lapangan

Itulah beberapa cara untuk melakukan Lemparan kedalam dengan baik.

GoalKeeping (Menangkap Bola)

Berbeda dengan teknik lainnya yang perlu dikuasai oleh pemain depan, Teknik yang satu ini hanya perlu dikuasai oleh kiper saja.

Teknik Goal Keeping atau teknik menangkap bola dengan tangan ini digunakan untuk menghalau bola yang ditendang keras ke arah gawang, dengan begitu saat lawan melakukan Shooting maka akan langsung terhalau sehingga poin gagal didapat oleh lawan.

Untuk menangkap bola, seorang kiper harus berhati hati karena ada area kotak penalti yang tidak boleh dilewati oleh kiper saat hendak melakukan Goal Keeping ini. Dengan kata lain, Penjaga gawang hanya bolah menangkap bola di daerah Kotak penalti saja.

Intercepting (Teknik Merebut Bola)

Teknik Intercepting atau yang juga bisa disebut Teknik merebut bola ini bertujuan untuk mengambil bola yang dikuasai oleh lawan.

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus bisa membaca pergerakan lawan karena mereka sudah dipastikan memiliki teknk mengecoh lawan. Jadi harus sehati-hati mungkin saat berhadapan dengan lawan dan upayakan untuk menebak pergerakannya setepat mungkin.

Selain itu, teknik yang satu ini juga berguna untuk mematahkan pergerakan lawan. Maka dari itu, teknik Intercepting ini sangat penting untuk dikuasai oleh para pemain.

Teknik Juggling Bola

Siapa sih yang tidak tahu teknik yang satu ini.

Teknik ini bisa dilakukan untuk menunjukan bakatmu dalam bermain sepak bola karena teknik ini berkaitan erat dengan skill seseorang dan menjadi sebuah patokan untuk menjadi pesepak bola yang hebat.

Teknik ini bertujuan untuk mengontrol bola agar kamu bisa menguasainya secara penuh, namun bisa juga digunakan untuk mengecoh lawan dengan pergerakan tertentu yang memang secara harfiah susah untuk ditebak.

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus memfokuskan pandangan kamu ke arah bola lalu tariklan bola dengan menggunakan telapak kaki agar bola tersebut menuju ke ujung kaki.

Setelah itu, mulailah untuk mengangkat bola dengan ujung kaki tersebut agar bola dapat terangkat. Tetap fokuskan pandangan kamu dan usahakan agar pergerakan bola tidak jatuh ke tanah.

Demikianlah materi teknik dasar dan peraturan dalam permainan sepak bola yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga artikel ini dapan dengan mudah dipahami.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.