Kebugaran jasmani
Gambar Kebugaran jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Diposting pada

Pengertian Kebugaran Jasmani | Kebugaran jasmani sangat dubutuhkan oleh mahluk hidup terutama manusia demi menunjang aktifitas mereka dalam melakukan segala hal yang berkaitan langsung dengan komponen dalam kebugaran jasmani.

Namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani ?

Bagi kamu yang belum mengerti apa itu kebugaran jasmani, disini saya akan coba menjelaskan mengenai pengertian kebugaran jasmani dan informasi lainnya seperti Komponen, manfaat hingga bentuk latihannya.

Berikut artikelnya kami rangkum untuk anda.

Pengertian dan Deskripsi Kebugaran Jasmani

Secara harfiah, Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh seseorang untuk melakukan beragam kegiatan atau aktifitas fisik tanpa harus mengalami lelah atau merasa kecapean dalam keadaan tertentu.

Kebugaran jasmani juga memiliki sebutannya sendiri dalam bahasa inggris, dalam bahasa inggris kebugaran jasmani dikenal dengan nama physical fitness.

Selain itu, suber lain juga menyebutkan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan suatu pekerjaan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan lainnya.

Bukan hanya pengertian diatas saja, physical fitness atau kebugaran jasmani juga banyak dideskripsikan oleh banyak ahli seperti Prof. Sutarman, dan Proff. Soedjatmo Soemowardoyo.

Pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli

Berikut ini pengertian kebugaran jasmani menurut para Ahli yang dideskripsikan oleh Prof. Sutarman dan Proff. Soedjatmo Soemowardoyo.

Menurut Prof. Sutarman

Prof. Sutarman menjelaskan bahwa Kebugaran jasmani merupakan aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh dari semua anggota tubuh dan memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan aktifitas yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak.

Menurut Proff. Soedjatmo Soemowardoyo

Sedangkan menurut Proff. Soedjatmo Soemowardoyo Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

Komponen dalam Kebugaran jasmani

Berikut ini merupakan komponen atau Unsur-unsur kebugaran jasmani :

  1. Kecepatan (speed)
  2. Kekuatan (strength)
  3. Reaksi (reaction)
  4. Ketepatan (accuracy)
  5. Kelenturan (flexibility)
  6. Daya tahan (endurance)
  7. Kelincahan (agilty)
  8. Keseimbangan (balance)
  9. Koordinasi (coordination)
  10. serta Daya otot (muscular power) atau Daya ledak (explosive power)

Untuk penjelasannya silahkan baca ini Macam-macam komponen kebugaran jasmani.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani
Contoh gambar olahraga kebugaran jasmani

Komponen komponen dari Kebugaran jasmani sangat penting untuk dilatih guna untuk mendapatkan tubuh yang bugar supaya dapat mengerjakan segala aktifitas dengan kondisi seprima mungkin.

Dengan kata lain tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kebugaran jasmani.

Kabugaran jasmani seseorang dapat dilatih dengan beberapa bentuk latihan beriut :

  1. Push-up untuk melatih kekuatan otot lengan
  2. Sit-up untuk melatih kekuatan otot perut
  3. Back lift untuk melatih otot punggung
  4. Latihan kekuatan otot lengan dan bahu

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Secara umum, Olahraga kebugaran jasmani juga sangat bermanfaat untuk membantu membakar kalori sehinga terhindar dari beragam penyakit yang mematikan.

Adapun manfaat kebugaran jasmani antara lain sebagai berikut :

Membakar kalori dalam tubuh

Salah satu manfaat yang didapat jika kamu melakukan latihan kebugaran jasmani ialah membakar kalori dalam tubuh.

Manfaatt tersebut akan kamu dapat jika kamu melakukan latihan senam aerobih atau lari diwaktu siang secara rutin dengan jadwal yang tepat.

Meningkatkan sistem Imun pada Tubuh

Meningkatnya sistem Imun pada Tubuh juga merupakan salah satu manfaat yang didapat jika kamu melakukan latihan olehraga kebugaran jasmani. Dengan begitu, latihan kebugaran jasmani bisa mengurangi resiko reserang Flu.

Jika kamu sudah terlanjur terkena Flu maka cobalah untuk melakukan latihan kebugaran jasmani seperti jooging atau aerobik, maka gejala flu akan hilang meski tidak seketika.

Demikianlah materi mengenai pengertian kebugaran jasmani yang dapat saya rangkum dan bagikan, semoga artikel berikut dapat mudah dipahami serta dapat menambah wawasan anda.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *