Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Diposting pada

Combinesia | Seperti yang kita ketahui, Bulu tangkis atau yang juga dikenal dengan sebutan Badminton merupakan permainan yang sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga paruh baya sekalipun.

Selain itu, dengan adanya pertandingan antar kampung, kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga Internasional menjadikan permainan ini semakin populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat di Indonesia.

Namun terkadang saat kita memainkan permainan ini bersama teman disebuah lapangan terbuka, kita tidak memikirkan berapa ukuran lapangan dan garis lapangan badminton yang akan kita gunakan.

Sederhananya hanya tingal membentuk garis pembatas lapangan yang berfungsi sebagai NET. Padahal ada ketentuan yang mengukur seberapa panjang dan lebar sebuah lapangan badminton.

Jika permainan badmonton atau bulu tangkis sudah bertaraf internasional seperti Olimpiade, Asia Games serta tingkat nasional seperti Djarum Superliga, Superliga Junior dan masih banyak lagi maka ukuran lapangan dan peraturannya pun harus sanga diperhatikan.

Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi penting mengenai ukuran lapangan bulu tangkis serta sejarah dan peraturannya. oleh karena itu, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Deskripsi Permainan Bulu Tangkis (Badminton)

Bulu tangkis
Raket dan bulu tangkis

Bulu tangkis atau Badminton adalah sebuah olah raga yang menggunakan alat berbentuk bulat dan memiliki rongga-rongga yang terbuat dari tali khusus dibagian pemukulnya serta memiliki gagang sepagai pegangannya. Alat yang digunakan tersebut dikenal dengan nama Raket.

Pada umumnya permainan badminton ini dimainkan oleh dua kategori kelompok yaitu Pemain tunggal dan Pemain ganda. Dengan kata lain bulu tangkis dapat dimainkan oleh dua orang (sebagai Tungal) serta Dua kelompok (sebagai ganda).

Sejarah permainan bulu tangkis

Dikutip dari beberapa sumber, permainan yang menggunakan raket ini kemungkinan berkembang pertama kali di mesir sekitar tahun 2000an tahun silam. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa permainan ini pertama kali berkembang di India dan Cina.

Namun berbeda dengan permainan bulu tangkis yang kita ketahui sekarang, Permainan bulu tangkis yang pertama kali dimainkan di Tiongkok dikenal dengan nama Jianzi.

Namun secara teknis permainan ini menggunakan menggunakan kok sebagai bola dan tidak menggunakan raket, alih-alih menggunakan kaki sebagai pemantulnya.

Disisi lain terdapat permainan anak yang sangat populer di Inggris disebut dengan nama Battledores dan Shuttlecocks. Permainan ini dimainkan oleh anak-anak dengan menggunakan kayu yang dibentuk menjadi dayung atau tongkat Battledores.

Secara teknis permainan tersebut sama aturan mainnya seperti permainan badminton yang kita kenal sekarang yakni mempertahankan bola/kok untuk mencegahnya dari menyentuh tanah.

Singkatnya Permainan tersebut dibawa oleh penduduk inggris ke jepang, tiongkok dan negri Siam hingga permainan tersebut juga popular di daerah itu.

Permainan bulu tangkis yang kita kenal sekarang konon katanya diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pure (Sebuah kota di maharastha India) pada abad ke 19 dengan mengadopsi permainan Battledores tadi serta menambahkan jaring sebagai pembatas dan dimainkan secara bersaingan. Namun permainan tersebut belum dinamakan badminton, melainkan Poona dan sangat populer pada masanya.

Para tentara itu membawa kembali permainan itu ke Inggris pada tahun 1850-an hingga akhirnya permainan ini mendapatkan namanya pada tahun 1860 dalam sebuah pamplet yang berjudul “Badminton Battledore – a new game”.

Aturan Permainan Bulu Tangkis

Samahalnya seperti cabang olah raga pada umumnya, permainan badminton ini juga memiliki aturan dalam setiap permainannya.

Bagi kamu yang ingin bermain bulu tangkis dengan teman kamu tapi belum mengetahui tatacara dan peraturan dalam permainannya, kamu bisa baca referensinya dibawah ini.

Peraturan servis

Servis dalam permainan bulu tangkis ini dilakukan dengan cara bersilangan yakni dari pemain kanan ke arah kiri lawan dan begitu pula sebaliknya. Misalnya jika anda berada disisi kanan maka servis yang kamu lakukan diarahkan ke bagian kiri lawan.

Selain itu posisi servis ditentukan dengan jumlah point yang didapatkan oleh pemain. Misalnya jika kamu mendapatkan pin yang jumlahnya genap atau nol, maka posisi servis dilakukan di sebelah kakan. Dan jika point yang didapatkan berjumlah ganjil maka servis dilakukan sebelah kiri.

Sedangkan untuk servis dalam set pertama dalam pertandingan bulu tangkis ditentukan dengan cara acak, untuk set kedua dan seterusnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya.

Sistem reli poin

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan badminton yang menjadi sistem reli poin. Beberapa pin tersebut ialah :

  1. Posisi servis ditentukan berdasarkan jumlah poin yang di peroleh oleh pemain serta dilakukan posisinya berada.
  2. Pemain yang sama akan terus melakukan servis hingga lawan mendapatkan poin tambahan.
  3. Setiap pemain (Gamda atau Tunggal) hanya memiliki satu kesempatan melakukan servis, artinya tidak bisa melakukan servis dua kali.

Sistem pindah bola

Sistem perpindahan bola juga ada aturannya, Peraturan sistem perpindahan bola dalam permainan bulu tangkis ialah :

  1. Setiap pasangan memiliki kesempatan servis (masing-masing pemain) sebelum pindah bola.
  2. Setiap kesempatan servis ditentukan dari jumlah perolehan poin ganda atau ganjil.
  3. Servis pertama dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan ketika pindah bola, bukan oleh “orang pertama”
  4. Sebelum pertandingan berlangsung masing-masing pasangan harus menentukan satu pemain sebagai “orang pertama”. Pilihan tersebut berlaku untuk setiap set pertandingan.

Lapangan Bulu Tangkis (Badminton)

Lapangan bulu tangkis
Gambar lapangan bulu tangkis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ukurang lapangan bulu tangkis harus diperhatikan jika sudah bertaraf resmi. Sebetulnya ukuran lapangan bulu tangkis baik di tingkat nasional maupun Internasional semuanya sama.Ukuran lapangan bulu tangkis standar Internasional

Untuk rinciannya bisa kamu lihat dibawah ini.

  1. Panjang lapangan bulu tangkis : 13,40 m.
  2. Lebar lapangan bulu tangkis : 6,10 m.
  3. Jarak antara garis servis dengan garis net : 1,98 m.
  4. Jarak garis tengah servis dengan garis samping : 3,05 m.
  5. Jarak garis servis belakang (partai ganda) dengan garis belakang : 0,76 m.
  6. Jarak garis samping permainan (partai Tunggal) dengan garis pinggir : 0,46

Demikianlah pembahasan mengenai Lapangan bulu tangkis yang dapat saya bagikan, Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *