Info GTK Terbaru

Info GTK v.2020.2.0

Diposting pada

Combinesia – Untuk Bapak dan Ibu guru serta jajaran pengajar lainnya yang sudah terdaftar dan ter-Verifikasi di aplikasi dapodik pada tahun pelajaran 2020/2021 mendapatkan informasi yang cukup menggembirakan lantaran bisa melakukan pengecekan Info GTK secara mandiri.

Namun diantara guru-guru sekalian pasti ada yang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengecekan. Terlebih lagi situs info.gtk.kemdikbud.go.id sering sekali mengalami erorr.

Para Guru dan jajaran pengajar lainnya memang harus melakukan pengecekan info terbaru dari Info GTK ini. Seperti yang kita ketahui, Info GTK ini dulunya bisa diakses hanya dengan menggunakan akun nuptk dan tanggal lahir saja.

Namun seiring perkembangan kebijakan dan situs itu sendiri, maka cara untuk loginnya pun ada sedikit perubahan. Dengan kata lain, kita hanya bisa melakukan login dan melakukan pengecekan hanya dengan akun PTK yang terdaftar di Dapodikdasmen.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan merangkum sebuah topik yang cukup penting untuk dibahas yang diharapkan bisa membantu Ibu dan bapak guru sekalian.

Rangkuman kali ini meliputi

  1. Cara Login Info GTK terbaru
  2. Cara cek dan cetak Info GTK

Namun sebelum melangkah ke materi terkait, ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Info GTK melalui penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Info GTK

Info GTK adalah Sebuah platform informasi elektronik yang digunakan oleh ibu dan bapak guru serta jajaran pengajar lainnya yang telah memiliki sertifikasi guru untuk mengecek informasi tertentu.

Selain itu, dalam Info GTK tersebut para guru bisa mengetahui apakan ada beberapa data yang belum valid dan akan menghambat SK tunjangan profesi sehingga harus diperbaiki.

Dengan begitu para guru yang sudah memiliki akun PTK yang terdaftar di dapodik harus sering-sering melakukan login ke Info GTK untuk mengecek dan memantau melaui berbagai cara yang telah disediakan oleh Kemdikbud.

Umumnya terdapat dua smester penerbitan SK tunjangan profesi ini yakni skester 1 dan smester 2. Tahapan satu ini dibuka pada bulan juli hingga desember, sedangkan tahapan 2 dibuka pada bulan januari sampai dengan juni sehingga info GTK ini akan terus diperbarui secara berkala seiring dengan pergantian smester yang telah dijelaskan diatas.

Untuk melakukan pengecekan tentunya para ibu sekalian harus melakukan login terlebih dahulu, jika bapak dan ibu belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan Login ke Info GTK berikut kami bagikan langkah-langkahnya.

Cara Login Info GTK Periode Terbaru

Beberapa guru mungkin mengalami kendala saat login Info GTK ataupun belum mengerti cara log masuk di periode terbaru ini dengan cara yang benar.

“Lalu bagaimana cara login Info GTK periode 2020-2021 ?”

Sebetulnya cara login Info GTK ini dapat dilakukan dengan dua cara yaki :

  • Meminta bantuan Operator sekolah
  • Login sendiri menggunakan akun PTK yang terdaftar di dapodik

Jika para guru menggunakan cara yang pertama tentunya sangat mudah “hanya tingal mongong aja dan duduk manis menunggu kabar”, Namun akan lebih efektif jika kita melakukan pengecekan sendiri. Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan mengulas cara login sendiri dengan menggunakan Email dan password.

Cara login langsung ke GTK

Kamu bisa melakukan Login seperti langkah-langkah berikut :

  1. Silahkan buka laman Info GTK resmi melalui tautan ini https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ maka akan muncul laman login.
  2. Dalam halaman login tersebut terdapat dua pilihan yakni Login Langsung ke GTK atau menggunakan SSO. Dalh proses ini silahkan kamu klik pilihan pertama “Login langsung ke GTK” Namun pastikan terlebih dahulu akun kamu sudah terverifikasi.
  3. Selanjutnya silahkan masukan Email dan password akun PTK di dapodik dan verifikasi reChaptha “Saya bukan robot” untuk melanjutkan login.
  4. Jika sudah maka kamu hanya perlu klik Login.

Cara login menggunakan SSO

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk melakukan login Info GTK terdapat dua pilihan yakni dengan tab “Login langsung ke GTK” dan “Login menggunakan SSO”.

Untuk Login Tab Login langsung ke GTK saya sudah memberikan langkah-langkahnya diatas dan untuk Login menggunakan SSO bisa kamu cek langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Silahkan buka laman Info GTK resmi melalui tautan berikut ini https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ maka akan muncul laman login.
  2. Selanjutnya klik Bagian tab Login menggunakan SSO maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke laman autentikasi pengguna Dapodik.
  3. Dalam proses ini klik saja dibagian Login menggunakan SSO (Single Sign On).
  4. Lalu masukan alamat email dan password yang sudah terverifikasi di dapodik Lalu klik masuk.
  5. Jika sudah maka kamu akan menjumpai dua pilihan tab yang sama, silahkan klik saja salah satu. Akan muncul pernyataan (Autentikasi berhasil).
  6. Dengan begitu proses login info gtk menggunakan SSO sudah berhasil dilakukan.

Disana kamu bisa melakukan pengecekan Info GTK.

Cara Cek dan Cetak Info GTK Update Terbaru

Cara cek info gtk

“Banyak jalan menuju roma” maka Untuk melakukan cek Info gtk pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun dalam hal ini saya akan merangkum cara cek info gtk menggunakan dua cara saja, yakni :

  • Cek info gtk melalui https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Cek info gtk melalui SimPKB

Berikut penjelasan dan langkah langkahnya :

Cek info gtk melalui info.gtk.kemdikbud.go.id

Cara yang pertama ini sebetulnya lanjutan dari langak login yang telah dijelaskan diatas. Jika kamu sudah mengikuti lagkah-langkahnya, mari kita lanjut untuk melakukan cek info gtk.

  1. Setelah melakukan login menggunakan tab “Langsung login ke GTK” atau “Login menggunakan SSO” maka kamu akan diarahkan ke dasboad atau antar muka Dapodik.
  2. Ada banyak tab tab option seperti Biodata, beban ajar, Tugas, Pendidikan dan lain sebagainya.
  3. Klik dibagian Biodata dan scroll terus ke bawah hingga anda menjumpai kalimat “Info GTK : Buka Info GTK” dalam tabel.
  4. Klik dibagian “Buka Info GTK” mak anda kan diarahkan ke dasboard Info gtk.

Disitu anda bisa melakukan pengecekan mulai dari data individu, riwayat sekolah, Riwayat pendidikan, status NUPTK dan lain sebagainya.

“lalu bagaimana cara Cetak info GTK?”

Untuk melakukan pencetakan bisa dilakukan dengan klik tombol “Cetak” disamping Tombol “Logout”

Cek info gtk melalui SimPKB

Beikut ini cara cek info GTK melalui SimPKB :

Info Lainnya : Cara daftar dan login SimPKB Terbaru

Buka laman login SimPKB

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah login SimPKB terlebih dahulu melalui Tautan ini, maka akan tampil seperti gambar diatas.

Masukkan email dan password

Masukan saja Masukan surel dan password dan klik tombol masuk. Maka akan dialihkan ke laman antar muka SimPKB anda.

Klik (Layanan Info GTK)

Jika sudah, maka selanjutnya tinggal scroll ke bawah dan klik dibagian Layanan Info GTK. maka anda akan diarahkan ke laman form login seperti gambar dibawah ini.

cara-cek-Info-gtk

Login dengan akun PTK

Masukan akun dan password PTK yang sudak ter verifikasi di Dapodik, lalu tulis beberapa angka yang tertera di kolom yang telah disediakan untuk verisikasi “Saya bukan robot”. Jika sudak klik tombol Login.

Melakukan pengecekan

Secara otomatis anda akan diarahkan ke dasboard atau antar muka Info GTK anda. Dengan begitu anda bisa melakukan pegecekan.

Kamu bisa mencetak info gtknya dengan mengklik Cetak PDF/Pront

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan mengenai Info GTK terbaru mulai dari cara login, cara cek dan cara mencetak Info GTK. Semoga artikel berikut dapat dipahami dengan mudah.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.