Gambar Vektor – {Ulasan lengkap}

Diposting pada

Combinesia | Grafis merupakan sebuah bentuk komunikasi visual yang dirancang khusus dengan menggunakan kombinasi koordinat tertentu seperti titik-titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif yang biasanya idengan gambar.

Artinya gambar yang muncul pada monitor atau layar komputer terdiri dari titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. sedangkan Layar Monitor sendiri berfungsi sebagai sumbu koordinat seperti x dan y. Terrdapat dua jenis grafis yang paling populer, diantaranya ialah bitmap dan vector.

Bagi Anak-anak yang mengambil sekolah jurusan tkj atau DKV pasti sering mendengar istilah kedua jenis grafis tersebut,Bahkan mungkin mereka lebih paham dari apa yang saya tahu tentang grafis vektor dan bitmap.

Nahh, untuk anda yang belum tahu apa itu grafis vektor kamu tidak usah panik, berukut akan saya bahas mengenai pengertian gambar vektor, serta software yang dapat digunakan dalam pengolahannya.

Mengingat gambar vektor juga sering digunakan untuk pembuatan logo, wallpaper dan poster, itulah yang membuat grafis vektor banyak ingin dipelajari bagaimana cara pembuatan gambar vektor yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Kali ini saya hanya kana membagikan ulasan seputar gambar vektor saja, sedangkat untuk gambar bitmap akan saya bahas di lain waktu. Berikut ulasannya kami rangkum untuk anda.

Pengertian dan Deskripsi Gambar Vektor

Gambar vektor
Gambar vektor keren

Grafis vektor sendiri merupakan sebuah objek gambar yang diciptakan oleh kombinasi-kombinasi tertentu mulai dari titik hingga garis tertentu seperti kurva, horizontal dan vertikal dengan menggunakan rumus matematis.

Dengan mengkombinasikan shap tersebut dapat menghasilkan sebuah gambar dengan pola yang di inginkan, serta dengan menjaga estetika dari pola tersebut maka terbentuklah gambar dengan bentuk objek tertentu.

Dengan kata lain, ialah gambar yang dibuat dengan software-software tertentu, dengan mengkombinsikan beberapa bidang yang telah dijelaskan diatas, sehinga dengan kombinasi bidang-bidang tersebut terbentukah sebuah objek gambar.

Berbeda dengan gambar bitmap yang cenderung dibuat seperti gambar bunga mawar yang diambil dengan menggunakan kamera.

Gambar vektor ini tidak dipengaruhi oleh titik pixel atau resolusi gambar. Sehingga meski resolusi gambarnya rendah, tidak akan menurunkan kualitas gambar itu sendiri.

Format Gambar dan Aplikasi Pengolah Gambar Vektor

Berbeda dengan Gambar bitmap yang umumnya memiliki format jpg, ppeg, dan lain lain, format data vektor dapat disimpan dalam berbagai macam format file, antara lain sebagai berikut:

EPS : meski format EPS juga dapat digunakan untuk menyimpan data grafis bitmap, format jenis ini juga sangat popular untuk digunakan dalam grafis vektor.

PDF : format file pdf dendiri cukup multyfungsi, Selain digunakan dalam pembuatan data-data apa saja termasuk halaman-halaman lengkap berupa mekalah format ini juga bida digunakan untuk grafis vektor.

PICT : format file yang dapat digunakan dalam data bitmap selanjutnya yaitu Pict, bahkan penggunaan format jenis ini dalam pembuatan grafis vektor sangat umum diaplikasikan. Meski begitu format jenis ini hanya dapat digunakan oleh komputer dengan Sistem Oparasi Macintosh saja.

Aplikasi Pengolah gambar Vektor

Itu tadi merupakan beberapa format data yang sering digunakan dalam pembuatan Grafis vector, Sedangkan untuk foftware atau aplikasi pengolahannya mungkin sudah terinstal di PC anda, bebera software tersebut antara lain ialah :

CorelDraw

Korel draw

Dikutip dari wikipedia.org CorelDraw merupakan software editor grafik berbasisa vektor yang dikembangkan oleh Corel. Corel sendiri merupakan sebuah perusahaanbesar berbasis perangkat lunak yang berdiri di daerah Ottawa Kanada.

Adobe illustrator

Adobe ilistrator

Dikutip dari wikipedia Adobe Illustrator merupakan sebuah program editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan besar Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini dari program ini yang juga merupakan generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.

Inkscape

Inkscape

Inkscape merupakan sebuah perangkat lunak atau software editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari software Inkscape ini adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan juga CSS.

Adobe fireworks

Adobe fireworks

Adobe Fireworks adalah sebuah software pengolah gambar bitmap dan vector. aplikasi ini sebenarnya dikembangkan oleh Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh pada tahun 2005. Fireworks sendiri dibuat untuk web designer agar membuat prototipe website dan application interface dengan cepat.

Adobe flash

Seperti yang kita ketahui Adobe Flash Player merupakan software atau perangkat lunak yang kegunaannya untuk melihat multimedia, Rich Internet Applications, dan streaming video dan audio, pada komputer web browser atau pada perangkat mobile didukung.

Itulah penjelasan mengenai gambar vektor, semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *